BimTek dan Peningkatan Kapasitas DPRD Kabupaten Pasaman

Estimated read time 4 min read

Pekanbaru, 30 April 2024 — Dalam upaya meningkatkan kompetensi dan kapasitas para pimpinan serta anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasaman bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bangkinang menggelar acara bimbingan teknis dan peningkatan kapasitas yang bertajuk “Pertanggungjawaban Perjalanan Dinas Berdasarkan Perpres 54 Tahun 2023 dan Transaksi Elektronik Sesuai UU 1 Tahun 2024”. Acara ini berlangsung mulai tanggal 30 April hingga 4 Mei 2024 di Hotel Grand Elite, Pekanbaru.

Acara dibuka dengan sambutan dari Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan STIE Bangkinang, Bapak Dr. H. Arman, MM. Dalam pidato pembukaannya, Dr. Arman menekankan pentingnya pemahaman mendalam terkait regulasi terbaru yang mengatur mekanisme pertanggungjawaban perjalanan dinas dan transaksi elektronik. “Dengan adanya Perpres 54 Tahun 2023 dan UU 1 Tahun 2024, diharapkan seluruh pimpinan dan anggota DPRD dapat menjalankan tugasnya dengan lebih transparan, akuntabel, dan efisien,” ujar Dr. Arman.

Bimbingan teknis ini dirancang untuk memberikan pengetahuan praktis dan strategi implementasi yang efektif bagi para peserta. Materi yang disampaikan mencakup ketentuan-ketentuan terbaru mengenai pertanggungjawaban perjalanan dinas, yang diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2023, serta mekanisme dan keamanan transaksi elektronik yang sesuai dengan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2024.

Selama lima hari penyelenggaraan, para peserta mendapatkan pemaparan dari berbagai narasumber ahli di bidang keuangan publik, hukum, dan teknologi informasi. Mereka juga berkesempatan untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman terkait tantangan dan best practice dalam pelaksanaan tugas kedewanan.

Menurut salah satu peserta, bimbingan teknis ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman terkait regulasi baru yang akan langsung berdampak pada kinerja mereka di lapangan. “Kami merasa lebih siap untuk menerapkan kebijakan-kebijakan ini dengan tepat dan dapat mempertanggungjawabkan setiap perjalanan dinas dan transaksi elektronik yang dilakukan,” kata salah seorang anggota DPRD Kabupaten Pasaman.

Dengan berakhirnya acara ini, diharapkan para pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Pasaman mampu menerapkan ilmu yang diperoleh untuk meningkatkan tata kelola pemerintahan daerah yang lebih baik. STIE Bangkinang sebagai penyelenggara juga menyatakan komitmennya untuk terus mendukung peningkatan kapasitas aparatur negara melalui berbagai program pendidikan dan pelatihan di masa mendatang.

More From Author

+ There are no comments

Add yours